Pengalaman Daftar Google Adsense Dari Awal Sampai Full Approved

Diposting pada

Cara Daftar Google Adsense Full Approved – Ada banyak macam cara menghasilkan uang dari internet, diantaranya adalah berjualan online (online shop/e-commerce) dan mengelola blog/website dengan mengumpulkan advertiser atau pengiklan. Bila seseorang memiliki sebuah website dan di kelola dengan benar, kemungkinan besar atau bahkan “pasti” akan memberikan keuntungan berupa finacial.

Google Adsense Publisher
Google Adsense Account

Yang paling ramai di bicarakan oleh blogger Indonesia adalah menghasilkan uang dengan cara monetisasi web/blog menggunakan Google Adsense Account. Apa itu Adsense? Silahkan agan cari penjelasannya secara detail di google penelusuran atau google forum.

Monetisasi atau menghasilkan uang dengan Adsense artinya kita menjadi Penayang (Publisher) dari iklan google. Dan iklan yang google tayangkan di blog kita berasal dari Pengiklan (Advertiser) pihak ketiga. Dan perlu di pahami bahwa sesungguhnya bukan google yang beriklan di web kita namun hanya sebagai perantara dari Advertiser. Jadi, sistemnya adalah kita sebagai Publisher akan bagi hasil dengan google sebagai perantara antara pihak ketiga dengan kita.

Pokoknya seperti itulah garus besarnya, saya pribadi juga kurang paham secara spesifik terkait hal tersebut. Intinya dengan akun adsense dan iklannya tayang di blog kita, akan ada itung – itungannya, hehe.

Cara Daftar Google Adsense Account Terbaru

Lalu bagaimana caranya supaya blog/situs kita bisa menayangkan iklan dari google adsense?

Agar website yang kita punya bisa menjadi mitra/partner dari adsense, tentunya pertama kali kita harus mengajukan hak untuk menjadi penayang (publisher) adsense. Syarat untuk menjadi mitra adsense sangat sederhana, yaitu mempunyai blog/website dan ada konten (isi) di dalamnya. Dan cara daftar adsense juga sangat mudah, silahkan simak langkah – langkahnya berikut ini :

  • Siapkan akun GMAIL dan Blog/Web;
  • Kunjungi link berikut -> GA Signup ;
  • Pilih alamat email yang akan anda jadikan akun Adsense;
  • Kemudian masukkan url blog/web anda;

  • Pilih negara dan jangan lupa centang kotak kecil penanda bahwa anda menyetujui semua Peraturan Online Google Adsense;
  • Klik CREATE ACCOUNT / Buat Akun;
  • Kemudian akan masuk ke dashboard akun adsense namun anda akan di suguhi dengan form data diri;
  • Isi data tersebut sesuai nama dan alamat anda secara valid (benar), jangan sekali-kali menggunakan data palsu;
  • Terakhir masukkan nomor HP dan minta verifikasi dengan SMS/Massage Text;
  • Lalu masukkan kode verifikasi yang di kirim google ke HP;
  • Terakhir adalah copy – paste kode script iklan Google Adsense dan letakkan di bawah tag <head> pada web/blog agan;

  • Tunggu beberapa hari untuk kepastian di terima atau tidaknya pengajuan agan dan biasanya pemberitahuan akan masuk melalui email yang agan gunakan untuk daftar tersebut.

Pertanyaan yang sering timbul setelah daftar adsense biasanya adalah “berapa lama peninjauannya sampe di approved atau disapproved?”. Jawabannya adalah TIDAK TAHU PASTI, bisa cepat hanya dalam hitungan jam, bisa juga memakan waktu berminggu – minggu bahkan berbulan – bulan.

Karena google tidak menjelaskan bagaimana proses peninjauan yang mereka lakukan. Apakah mereka melakukannya secara manual (human) atau menggunakan robot. Jadi sebaiknya kita tunggu saja sambil terus melakukan update konten pada blog/situs yang kita daftarkan tersebut.

Daftar Google Adsense Account Pasti Diterima/Full Approved?

Saya akan share pengalaman waktu daftar Adsense mulai dari seringnya di tolak sampai di terima/approved. Dengan menceritakan pengalaman ini saya berharap bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi sahabat blogger pemula yang kebetulan belum memiliki akun Adsense.

Tapi, setiap langkah – langkah dari pengalaman saya ini bukanlah merupakan Tips maupun Cara bahwa akan PASTI di approved. Menurut saya pribadi, diterima atau tidaknya suatu blog/web oleh Adsense adalah karena faktor keberuntungan (luck) saja. Jadi, kalo ada yang bilang bahwa mereka memiliki Trik – Trik Daftar Google Adsense Pasti di approved, saya bisa pastikan itu cuma OMONG KOSONG belaka.

Tidak ada satupun blogger di dunia ini yang bisa memberi kepastian akan di terima sebagai Publisher Google Adsense baik dengan cara atau trik apapun. Kuncinya hanya satu, JANGAN MENYERAH..! Kalo di tolak maka daftar lagi, begitu seterusnya.

Oke, saya akan langsung bercerita pengalaman saat daftar adsense dan di terima sebagai Publisher.

Pengalaman Daftar Adsense

Saya mulai mengenal dunia blogging kira – kira 7 tahun lalu sekitar 2010 pertengahan, dan platform blog yang pertama kali saya pakai adalah Blogspot. Waktu itu saya blogging cuma untuk berinteraksi dengan orang – orang luar negeri, kebanyakan teman (blog list) saya adalah blogger dari malaysia. Aktifitas seperti ini rupanya membuat saya lebih cepat jenuh, di tambah lagi saat itu muncul situs media sosial yang lebih efektif seperti YM, Friendsters, Facebook, dsb.

Pada waktu itu saya belum tau kalau blogging bisa menghasilkan profit dan memberi keuntungan financial. Faktornya adalah karena saya berinteraksi dengan teman dunia maya hanya sebatas having fun saja, bukan kearah bisnis. Lalu saya berhenti sejenak dari aktifitas nge-blog dalam waktu yang lumayan lama.

Barulah kemudian pada tahun 2015 lalu saya kembali berkutat dalam dunia blog berkat sering membaca kisah – kisah sukses Internet Marketters baik Indonesia maupun mancanegara. Salah satu kisah sukses yang waktu itu saya baca adalah seorang blogger asal kampung, tamatan smp dan mantan tukang angon bebek yakni “mastah” Eka Lesmana.

Termotivasi dari kisah tersebut, kemudian saya kembali membuat blog dengan domain TLD yang saya host di blogger.com. Beberapa bulan kemudian, setelah blog terisi oleh puluhan konten dan traffic kunjungan yang lumayan, lalu saya mencoba mengajukan blog tsb untuk jadi Publisher Adsense. Hasilnya sesuai dengan dugaan, yaitu DITOLAK dengan sejumlah alasan.

Tidak putus asa kemudian saya perbaiki apa – apa yang menurut google tidak cocok di blog saya tersebut. Beberapa minggu kemudian saya ajukan kembali, blog yang sama dengan email yang sama pula. Hasilnya pun tetap sama, Ditolak juga dengan alasan penolakan yang baru lagi. Kemudian daftar, ditolak lagi, daftar lagi dan ditolak lagi. Hingga lebih dari 10x mendapat penolakan membuat saya down sendiri.

Pertama Kali Diterima Sebagai Publisher Adsense

Kemudian saya berselancar di dunia maya membaca-baca artikel blogger senior tentang Trik dan Cara agar diterima oleh Google Adsense. Beberapa cara sudah saya praktekkan dan hasilnya sama saja, DISSAPPROVED.

Setelah sampai pada batas kesabaran karena terus menerus ditolak adsense, akhirnya saya iseng daftar lagi. Kali ini tidak dengan harapan akan diterima. Tapi sekedar melampiaskan kekesalan kepada google yang puluhan kali menolak saya.

Google Adsense Full Approved

Awalnya saya membuat email (gmail) baru dan blog baru niche kesehatan dengan domain TLD (Top Level Domain) gratisan dari freenom berekstensi (.)tk dan hosting di blogspot. Kemudian saya copy paste konten blog dengan niche serupa (kesehatan) dan langsung import ke blog baru tersebut. Ada kurang lebih 25 artikel hasil copas yang berhasil saya impor.

Kemudian saya lengkapi navigasi blog baru tsb dengan menu-menu serta fitur seperti About, Contact Us, Disclaimer, Privacy Policy. Lalu tanpa tunggu blog tersebut terindex di google penelusuran, langsung saya daftarkan ke website Google Adsense, langkah daftarnya seperti yang saya tulis diatas.

Sebelum mendaftar saya menggunakan browser yang sudah saya hapus semua history, cache dan cookies.

Alhasil, tidak sampai 2 minggu kemudian ada email pemberitahuan dari google bahwa pengajuan saya diterima dan situs/blog saya sudah terhubung dengan Adsense. Saya kaget, langsung buka url blog yang dipakai buat daftar dan benar, iklannya muncul.

Pengalaman Kedua di Approved Adsense

Sebulan kemudian saya lakukan hal yang sama untuk Daftar Google Adsense dan hasilnya pun sama pula, yakni Full Approved. Namun dalam hati saya bertanya – tanya, kenapa blog hasil copas dan tidak punya integritas tersebut bisa diterima?. Padahal sebelumnya saya pernah menggunakan blog yang kontennya 100 % asli serta sudah memiliki traffic visitor yang stabil.

Akhirnya, dari pengalaman tersebut saya mengambil kesimpulan sendiri bahwa :

  • Niche blog tentang “Kesehatan” lebih mudah diterima
  • Lengkapi navigasi menu dan semacamnya
  • Tidak perlu traffic, karena blog yang saya daftarkan malah belum terindex sama sekali

Sementara ini ada 3 (tiga) kesimpulan yang dapat saya ambil dari 2x pengalaman diterima Google Adsense tersebut. Tidak perduli blog tersebut kontennya asli atau tidak, yang penting fokus utama kontennya adalah Kesehatan maka kemungkinan besar di approved oleh google.

Nah, itulah pengalaman pribadi saya ketika Daftar Adsense Dari Awal Sampai Diterima. Saya tidak tau apakah cara yang saya gunakan bisa berdampak serupa jika dipakai oleh blogger lain. Karena bagi saya, bisa menjadi mitra/partner google adsense itu merupakan keberuntungan saja. Tidak ada kriteria apapun yang bisa menjamin blog/web diterima oleh google sebagai Publishers.

Terima kasih sudah mampir dan kalo ada yang mau menambahkan pengalamannya serta memberi kritik ataupun saran terkait artike ini, silahkan komentar dibawah, :).